Dapatkan tips Menarik Seputar Penyakit Jantung dan Kesehatan Jantung Beserta Solusinya

Caranya cukup isi form di bawah ini :
Nama Depan :
Alamat Email :


Senin, 19 Maret 2018

Sudah bukan merupakan rahasia lagi, jika penyakit jantung merupakan pembunuh no 1 didunia. Bahkan di Indonesia, pasien yang divonis terkena serangan jantung juga semakin meningkat setiap tahunnya. Kementerian Kesehatan juga mencatat penyakit jantung merupakan salah satu kelompok penyakit tidak menular yang saat ini menjadi penyebab kematian tertinggi, dan menimbulkan beban ganda bagi masyarakat Indonesia.

Bagaimana tidak menjadi masalah? 20% kematian di seluruh dunia diakibatkan oleh penyakit jantung dan 3% dari 20% tersebut berakhir dimeja operasi. Tentu hal ini sayangkan. Apabila anda tidak menggubris sama sekali tentang kesehatan jantung Anda sendiri. Jika bukan Anda lalu siapa lagi yang akan menjaga kesehtan jantung anda? Berikut daftar operasi jantung yang sering dilakukan di Indonesia.

1. Operasi Bypass Jantung


Operasi bypass jantung adalah operasi jantung yang diakibatkan penyakit jantung koroner yang sudah sangat fatal dan tidak dapat disembuhkan dengan obat-obatan lagi. Operasi bypass jantung bertujuan untuk membuat saluran darah yang baru untuk menggantikan saluran darah yang sudah tersumbat akibat penyakit jantung koroner.

Operasi bypass sendiri memerlukan biaya yang lumayan besar yang bisa mencapai 150 juta untuk di Indonesia. Sedangkan di luar negeri bisa mencapai 200 juta ke atas. Operasi jantung Bypass juga memerlukan persiapan yang sangat panjang sebelum anda menjalaninya. Salah satunya melakukan puasa agar saluran pencernaan anda bersih, hal ini dilakukan agar tidak terjadi komplikasi di kemudian hari dan anda juga harus melakukan pemeriksaan rutin.


2. Operasi Perbaikan Katup Jantung


Operasi perbaikan katup jantung adalah operasi yang dilakukan untuk menyembuhkan penderita penyakit jantung dimana katup jantungnya tidak mau terbuka pada saat proses pengaliran darah terjadi. Operasi ini dilakukan dengan tujuan untuk membuka kembali katup-katup yang pada umumnya hanya ada empat katup untuk dapat terbuka seperti sedia kala lagi. Operasi ini juga tergolong operasi beresiko tingkat tinggi bahkan dapat menyebabkan kematian apabila operasi perbaikan katup jantung gagal dilakukan.

Operasi perbaikan katup jantung membutuhkan biaya hingga 100 juta atau lebih, untuk melakukan operasi ini juga membutuhkan persiapan yang amat panjang, dikarenakan dokter perlu meneliti irama jantung anda selama beberapa minggu. Hal ini bertujuan untuk melihat detak jantung apakah selain mengalami masalah pada katup yang tidak bisa terbuka juga memiliki aritmia jantung yang membuat jantung berdebar secara tidak normal.


3. Operasi Pembengkakan Jantung


Pembengkakan jantung amatlah berbahaya bila tidak segera ditangani, pembengkakan pada jantung biasanya dialami oleh otot jantung bagian kiri. Apabila hal ini dibiarkan maka jantung akan mengalami kebocoran sehingga dapat menyebabkan pendarahan dalam tubuh, hal ini juga dapat berujung pada kematian.

Operasi ini bertujuan menyembuhkan pembengkakan jantung yang mengakibatkan kebocoran pada jantung. Harganya tidak semahal operasi jantung lainnya,biaya yang dibutuhkan berkisar 30 juta atau lebih. Persiapan yang harus dilakukan untuk menjalani operasi pembengkakan jantung ini adalah pasien perlu berpuasa agar tubuh dalam keadaan steril saat menjalankan operasi.


4. Operasi Transplantasi Jantung


Operasi transplantasi jantung atau yang dikenal dengan operasi cangkok jantung merupakan operasi yang sangat berbahaya dan menjadi jalan terakhir. Namun operasi cangkok jantung ini dapat memberikan hasil yang memuaskan, karena dapat menyembuhkan berbagai penyakit jantung. Operasi ini bertujuan untuk mengganti jantung seseorang dengan jantung orang lain alias transplantasi yang dimana hal ini bertujuan untuk membuat jantung yang sebelumnya lemah menjadi sehat kembali.

Tetapi dampak dari transplantasi jantung juga memiliki resiko yang cukup tinggi, karena memerlukan pendonor yang cocok bersedia menukarkan jantung yang sehat dengan jantung yang lemah, hal ini juga memakan waktu yang sangat lama. Ini juga yang menyebabkan operasi ini sangat mahal, selain harus membayar biaya operasi yang berkisar 500 juta - 3 miliar, anda juga harus membayar jasa pendonor jantung anda. Oleh karena itu, anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk operasi transplantasi jantung.


5. Operasi pemasangan Ring Jantung


Operasi pemasangan ring pada jantung merupakan solusi lainnya selain operasi bypass untuk menyembuhkan penyakit jantung koroner yang menyebabkan saluran darah terhambat dan mengakibatkan arteri mengalami penyumbatan sangatlah berbahaya. Operasi pasang ring ini bertujuan agar mengatasi penyumbatan sehingga darah dapat teraliri dengan lancar kembali. Metode pemasangan ring ini dilakukan dengan cara memasukkan selang kecil kedalam tungkai, kemudian memasukkan lagi selang kedua yang berukuran lebih kecil  dari selang sebelumnya ke bagian lengan, dimana dibagian yang dimasukkan selang tersebut terdapat ring  jantung yang berbentuk balon. Biaya yang dibutuhkan untuk menjalani operasi pemasangan ring jantung berkisar 50 - 100 juta.


        Biaya pengobatan penyakit jantung memang tidaklah kecil, untuk sekarang saja biaya perawatan jantung sudah meningkat 13% dari 5 tahun yang lalu. Penyakit jantung seperti ini pasti akan sangat memberatkan ekonomi keluarga. Maka dari itu tidak heran bila sampai dengan sekarang penyakit jantung masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat Indonesia. Solusinya adalah memiliki asuransi unit link  untuk meringankan biaya operasi jantung, rumah sakit, dan biaya hidup keluarga yang anda cintai.

Blog Archive

viva log

Follow by Email

facebook pixel

Blogroll

Popular Posts