Dapatkan tips Menarik Seputar Penyakit Jantung dan Kesehatan Jantung Beserta Solusinya

Caranya cukup isi form di bawah ini :
Nama Depan :
Alamat Email :


Selasa, 06 Maret 2018

Jenis penyakit jantung sebenarnya ada banyak, pada umumya segala hal yang menunjukkan kondisi organ jantung mengalamai masalah dan tidak dapat bekerja dengan semestinya dan menimbulkan keluhan sakit, itu disebut penyakit jantung.

Dalam dunia medis ada beberapa jenis atau macam penyakit jantung, dimana masing - masing jenis penyakit jantung menggambarkan masalah pada setiap bagian pada organ jantung tersebut. Gejala penyakit jantung ini juga berbeda dalam hal keluhan yang dirasakan penderitanya karena terjadi pada bagian dan kondisi yang berbeda.


JENIS MACAM PENYAKIT JANTUNG

Setelah sebelumnya kita mempelajari tentang pengertian penyakit jantung, berikut ini adalah beberapa jenis atau macam penyakit jantung yang perlu kita ketahui :

1. Penyakit Gagal Jantung
Penyakit gagal jantung terjadi dengan awal berupa gerakan spontan jantung yang tidak bisa memompa darah sehingga menyebabkan kebutuhan oksigen untuk darah secara otomatis akan terhenti. Beberapa kondisi lain yang bisa memicu gagal jantung adalah seperti penyempitan arteri, penyakit tekanan darah tinggi dan kurangnya kemampuan jantung dalam memompa darah.

2. Penyakit Jantung Koroner
Ini adalah salah satu jenis penyakit jantung yang paling umum dan paling dikenal oleh masyarakat. Penyakit ini bisa terjadi karena ada arteri yang bertugas untuk mengangkut darah ke bagian jantung tidak bisa berfungsi. Hambatan ini bisa terjadi karena lapisan plak yang tumbuh dalam arteri dan biasanya plak berisi dari kolesterol dan lemak. Proses ini bisa menyebabkan arteri menjadi lebih sempit dan sehingga menyebabkan jantung tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Kondisi penyakit ini juga bisa menyebabkan angina (serangan jantung yang terjadi secara mendadak).


jenis macam penyakit jantung


3. Penyakit Katup Jantung
Penyakit ini berhubungan dengan kondisi katup jantung yang memang tidak berfungsi dengan baik. Katup jantung berfungsi untuk membantu aliran darah yang dipompa oleh jantung bisa mengalir dengan baik sehingga darah bisa beredar ke semua bagian tubuh.

4. Penyakit Jantung Rematik 
Sebuah jenis tertentu dari infeksi bakteri di masa kecil dapat menyebabkan mempengaruhi sendi dan katup jantung. Masalah jantung mulai muncul di usia dewasa. Satu-satunya obat sering penggantian katup jantung dengan bantuan operasi.

5. Penyakit Otot Jantung (Kardiomiopati)
Kardiomiopati adalah sebuah kondisi penyakit jantung yang menyebabkan jantung menjadi lebih besar atau penebalan pada bagian dinding jantung. Kelainan ini bisa menyebabkan jantung tidak bisa memompa darah ke semua bagian tubuh dan efek terberatnya adalah penyakit gagal jantung.

6. Penyakit Jantung Bawaan 
Beberapa bayi dilahirkan dengan jantung yang lemah atau lubang di jantung mereka. Kondisi tersebut dapat diperbaiki dengan operasi, tetapi tidak selalu berhasil.

7. Trachycardia 
Trachycardia pada dasarnya adalah istilah medis untuk peningkatan denyut jantung. Palpitasi dan detak jantung yang tinggi dapat disebabkan karena beberapa alasan seperti merokok, alkohol dan stres.

8. Bradikardi 
Bradikardia adalah istilah medis untuk denyut jantung yang lambat. Hal ini terjadi ketika otot-otot jantung lelah. Alat pacu jantung yang dipasang di jantung dapat kembali memacu denyut jantung yang melemah.

9. Serangan Jantung
Serangan jantung adalah sebuah kondisi penyakit yang disebabkan karena ada bagian dari otot jantung yang mengalami kematian atau kerusakan sehingga aliran darah pada jantung tidak bisa terjadi atau tersumbat. Penyumbatan atau kegagalan fungsi dalam waktu singkat ini bisa menyebabkan tubuh tidak bisa menerima oksigen dan darah atau nutrisi sesuai kebutuhan. Serangan jantung sering terjadi dalam waktu yang sangat singkat dan efek berat sehingga membutuhkan perawatan yang bersifat darurat.

10. Gangguan Serebrovaskular 
Terjadinya hambatan dalam sirkulasi darah dari jantung ke otak, kondisi itu disebut penyakit serebrovaskular. Jenis penyakit jantung ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan stroke pada otak.

11. Aritmia
Aritmia adalah sebuah penyakit yang sering ditandai dengan kondisi denyut jantung yang tidak normal atau tidak beraturan. Kondisi ini bisa menyebabkan denyut jantung menjadi lebih lambat (bradikardia), denyut jantung menjadi lebih cepat (takikardia) atau denyut jantung sama sekali tidak teratur. Penyakit ini biasanya diawali dengan masalah impuls listrik yang tidak bisa diterima oleh jantung dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

viva log

Follow by Email

facebook pixel

Blogroll

Popular Posts