Dapatkan tips Menarik Seputar Penyakit Jantung dan Kesehatan Jantung Beserta Solusinya

Caranya cukup isi form di bawah ini :
Nama Depan :
Alamat Email :


Selasa, 06 Maret 2018


Caramencegah penyakit jantung tidak bisa lepas juga dari pola hidup sehari hari, karena penyakit jantung lebih banyak disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat.
Bagi anda yang berisiko penyakit jantung agaknya harus lebih peduli, bagaimana menerapkan pola hidup sehat. Ini tidak hanya akan lebih menjauhkan kita dari penyakit jantung tetapi juga kemungkinan penyakit lain yang mengancam setiap saat. Lebih baik mencegah penyakit jantung daripada seumur hidup didera penyakit jantung tersebut.

Cara mencegah penyakit jantung meliputi banyak hal, tidak hanya mengkonsumsi makanan tertentu yang dianggap sebagai makanan sehat untuk jantung. Di bawah kami uraikan mengenai hal – hal apa saja yang perlu dilakukan sebagai cara mencegah penyakit jantung.


CARA MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG

1. Periksa tekanan darah secara rutin.
Kenapa tekanan darah dihubungkan dengan cara mencegah penyakit jantung?  Rutin mengecek tekanan darah setiap hari dapat mencegah penyakit jantung. Pada umumnya, tekanan darah bisa dibilang normal ketika menunjukkan angka di bawah 120/80 mmHg. Saat angka sistolik (angka atas) Anda berada di antara 120-139, atau jika angka diastolik (angka bawah) berkisar di 80-89, ini artinya Anda memiliki “prehipertensi”. Meskipun angka ini belum bisa dianggap hipertensi, tetap saja ini di atas angka normal. Semakin tinggi nilai tensi darah, semakin Anda berisiko hipertensi di kemudian hari. Hipertensi itu sendiri membuat Anda berisiko terkena serangan jantung dan stroke.

2. Respon cepat setiap gejala yang dirasakan.
Tidak hanya untuk orang-orang yang berisiko terkena penyakit jantung, mewaspadai setiap perubahan dalam tubuh pada dasarnya wajib dilakukan oleh setiap orang untuk berjaga-jaga.  Salah satu cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menuliskan perubahan atau sensasi bati yang timbul setiap kali Anda merasakannya. Misalnya kesulitan menarik napas, sesak saat berbaring atau saat beraktivitas, timbul bengkak pada kaki dan tangan, dan gejala lainnya. Beritahu dokter jika Anda merasakan gejala tersebut.

3. Minum air putih yang cukup
Rajin minum air putih dapat membantu menjaga kesehatan jantung, ini menjadi salah satu cara mencegah penyakit jantung secara alami. Jika Anda mengidap penyakit jantung, Anda perlu menanyakan kepada dokter apakah Anda perlu membatasi jumlah cairan yang Anda dapatkan setiap hari. Perlu diingat, bukan hanya berapa banyak yang Anda minum. Sumber cairan lain juga perlu diperhitungkan, seperti es krim, agar, dan sup.


3. Olah raga dengan teratur dan rutin.
Ini adalah cara yang murah untuk mencegah penyakit jantung. Olahraga rutin dapat membantu meningkatkan kebugaran jantung dan parum menurunkan kolesterol dan tekanan darah, hingga menjaga berat badan tetap sehat. Olahragalah setidaknya 30 menit sehari, minimal 5 hari seminggu. Tidak ada batasan jenis olahraga apa yang bisa dan harus dilakukan untuk mencegah penyakit jantung. Semua olahraga pada dasarnya baik. Anda dapat berjalan kaki, jogging, naik sepeda, berenang, yoga, 

4. Sebisa mungkin hindari kandungan kolesterol jahat.
Cara ideal untuk mencegah penyakit jantung adalah dengan mengendalikan asupan lemak jenuh dan kolesterol selalu dalam batas wajar. Jika kadar kolesterol LDL Anda sudah lebih dari 200 mg/dL, sebaiknya Anda berhati-hati. Kadar kolesterol jahat LDL yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah jantung. 

cara mencegah penyakit jantung


5. Mengendalikan rasa stres
Stres adalah hal yang wajar terjadi. Masalahnya bukanlah apa yang menyebabkan stress, tapi bagaimana kita meresponnya. Saat kita sedang berada di bawah tekanan, tubuh memproduksi adrenalin yang akan membuat jantung bekerja lebih keras, ini dapat menciptakan masalah pada jantung.

6. Berhenti merokok
Jika Anda seorang perokok, Anda harus mulai berusaha untuk berhenti merokok. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak pembuluh darah. Oleh karena itu, berhenti merokok dan/atau menghindari paparan asap rokok dapat membantu pencegah penyakit jantung.

7. Konsumsi makanan sereal kaya serat
Cara mencegah penyakit jantung secara alami lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi sereal berserat tinggi minimal empat kali dalam seminggu. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinic Nutrition disebutkan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan berserat sebanyak 23 gram setiap hari memiliki risiko terkena serangan jantung 23 persen lebih kecil dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi 11 gram serat. Sedangkan untuk pria, penelitian menunjukan bahwa diet dengan mengkonsumsi serat yang tinggi mampu mencegah kemungkinan terkena serangan jantung hingga mencapai 36 persen.

8. Sering mengkonsumsi buah ceri, jadikan sebagai kegemaran.
Kandungan senyawa anthocyanin yang terdapat pada ceri merah diteliti mampu menurunkan risiko terkena asam urat dalam darah, yang Kita tahu menjadi penanda munculnya serangan jantung dan stroke.

9. Konsumsi teh
Benarkah minum teh menjadi cara mencegah penyakit jantung \Baik itu teh hijau maupun hitam memiliki manfaat yang baik untuk mencegah penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian dari 17 studi disebutkan bahwa mengkonsumsi teh sebanyak tiga gelas setiap hari mampu mengurangi risiko terkena serangan jantung hingga mencapai 11 persen. Namun sebaiknya konsumsi teh dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan. Biasanya cangkir yang digunakan untuk meminum teh cangkir berukuran sangat kecil.

10. Konsumsi keluarga kacang-kacangan
Mengkonsumsi kacang dapat Anda jadikan cara mencegah penyakit jantung secara alami yang mudah dan efekif. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa folat yang terkandung pada kacang jika dikonsumsi secara teratur mampu menurunkan risiko terkena stroke sebanyak 20 persen dan risiko penyakit jantung sebanyak 13 persen.

Blog Archive

viva log

Follow by Email

facebook pixel

Blogroll

Popular Posts