Dapatkan tips Menarik Seputar Penyakit Jantung dan Kesehatan Jantung Beserta Solusinya

Caranya cukup isi form di bawah ini :
Nama Depan :
Alamat Email :


Rabu, 07 Maret 2018

Penyakit jantung koroner, istilah ini mungkin sering terdengar di telinga kita. Memang ini adalah jenis penyakit jantung yang paling umum dan paling banyak ditemukan pada kasus penyakit jantung secara keseluruhan. Lalu apa sih penyakit jantung koroner itu ?

Pada halaman jenis penyakit jantung sebelumnya kita telah sedikit menyinggung tentang penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol, lemak, atau zat lainnya pada dinding pembuluh darah. Jantung merupakan organ vital pusat aliran darah pada tubuh. Seiring bertambahnya usia, keelastisan pembuluh darah semakin menurun, diiringi dengan radikal-radikal bebas dan plak lemak yang dapat hinggap di dinding pembuluh darah.  

Penyakit jantung koroner secara medis disebut juga penyakit jantung iskemik. Penyakit ini termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Sekitar 35% kematian penduduk Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung. Penyakit jantung koroner ini terjadi ketika pasokan darah yang kaya oksigen menuju otot jantung terhambat oleh plak pada arteri koroner.

Pada dinding pembuluh arteri dapat terjadi kondisi ateroskelosis, yaitu penumpukan kolesterol dan substansi lainnya yang semakin bertambah sehingga mempersempit ruang arteri. Tumpukan ini disebut plak. Sejatinya plak sudah bersarang di dinding arteri sejak seseorang masih muda. Makin tinggi usia seseorang, makin menumpuk plak di lokasi yang sama.

Plak sendiri mengeluarkan zat kimia yang membuat dinding bagian dalam dari pembuluh menjadi lengket. Pada saat bersamaan, darah memuat sel-sel inflamasi, lipoprotein, dan kalsium. Zat-zat ini kemudian akan menempel di dinding pembuluh darah sehingga membuat timbunan plak makin banyak.

Makin besar plak, makin sempit arteri koroner sehingga suplai darah kaya oksigen ke jantung kian menipis. Plak juga dapat pecah dan kemudian menyumbat sebagian besar hingga seluruh aliran darah pada pembuluh arteri. Bila hambatan aliran darah ini terjadi pada arteri koroner, maka dapat terjadi serangan jantung.
penyakit jantung koroner


 
GEJALA PENYAKIT JANTUNG KORONER

Berikut ini adalah tanda atau gejala penyakit jantung koroner yang umum terjadi :

1. Nyeri Dada. Rasa nyeri di dada seperti menekan atau menusuk yang dapat menjalar hingga ke lengan kiri, leher, dan punggung. Nyeri dada merupakan gejala klasik. Serangan jantung adalah kondisi di mana seseorang dengan tiba-tiba mengalami hambatan aliran darah ke otot jantung atau berkurang.

2. Rasa Tercekik atau Sesak Napas. Seperti tertimpa benda berat. Sebanyak 20 persen keluhannya seperti ditiban barang yang berat disertai penjalaran.

3. Keringat Dingin. Keringat dingin, berdebar, lemas, hingga pingsan. “Durasi penjalaran cukup lama yaitu 20 menit disertai gejala otonom mual muntah atau keringat dingin,” jelas Dafsah.

Google analytics

My title page contents

viva log

Follow by Email

facebook pixel

Blogroll

Popular Posts