Dapatkan tips Menarik Seputar Penyakit Jantung dan Kesehatan Jantung Beserta Solusinya

Caranya cukup isi form di bawah ini :
Nama Depan :
Alamat Email :


Jumat, 27 April 2018

     Jantung merupakan organ yang memiliki peran yang sangat penting terhadap tubuh manusia. Pada umumnya didalam dunia sains, kita mengenal jantung memiliki peran menerima dan memompa darah ke seluruh tubuh. Selain itu, jantung memiliki peran menentukan hidup matinya seseorang, tanpa jantung tidak ada satupun manusia yang bisa hidup. Tapi tahukah anda, selain berperan sebagai penyokong kehidupan bagi tubuh manusia, jantung juga merupakan pusat pikiran manusia?



   Mungkin sebagian orang berpikir bahwa selama ini, perasaan atau mood diatur berdasarkan keinginan hati (heart). Hal tersebut bukanlah merupakan sebuah mitos, tetapi ada fakta ilmiah yang membuktikannya. Seorang ilmuwan yang bernama Aristoteles, mengungkapkan bahwa jantung adalah pusat emosi dan pemikiran. Hal ini diungkapkan berdasarkan pada filsafat kuno yang dipelajarinya. Pada zaman modern ini, para ilmuwan dunia mengungkapkan hal yang sama berdasarkan penelitian yang mereka lakukan bahwa jantung memiliki sistem komunikasi yang lebih baik dengan otak daripada bagian organ tubuh manusia yang lain. 

   Dr J. Andrew Armour memastikan adanya sebuah otak yang sangat rumit didalam jantung. Di dalam jantung manusia terdapat lebih dari 40.000 neuron yang bekerja dengan presisi yang sangat tinggi untuk mengendalikan detak jantung, produksi hormon, dan penyimpanan informasi. Selanjutnya semua informasi yang diterima ini akan diteruskan ke otak . Informasi inilah yang memegang peranan penting dalam kesadaran dan pemahaman. 

    Rolin McCarty dan Mike Atkinson melalukan penelitian yang dipublikasikan dipertemuan tahunan Pavlovian Society. Mereka menemukan adanya hubungan antara jantung dan kesadaran, dibuktikan melalui aktivitas elektromagnetik jantung dan otak saat seseorang berusaha memahami sesuatu. Mereka menemukan bahwa saat performa jantung berada pada level rendah, kesadarannya pun juga akan rendah.

  Selain melalui penelitian para ilmuwan, jantung juga sebagai pusat emosi dapat dibuktikan kebenarannya lewat apa yang kita alami sehari-hari. Sebagai contoh, ketika anda merasa sedih seringkali secara spontan kedua tangan akan mendekap erat dada, yang merupakan tempat jantung berada.Atau ketika anda sedang sakit hati dan menangis, akan terasa sedikit rasa perih di sekitar dada. Hal-hal ini menjelaskan keterkaitan erat antara jantung  dan emosi/perasaan. Hal lain yang memperkuat fakta ini adalah hubungan saudara kembar, hubungan orang tua dan anak, hubungan suami dan istri.

   Selain itu, beberapa kasus operasi transplantasi jantung merubah sifat seseorang yang sebagai penerima donor jantung mengikuti sifat pendonor mereka ketika mereka hidup. 

    Nah sudah tahu kan? Jantung Manusia bukan hanya sekedar menerima dan memompa darah saja, tetapi mampu mengelola emosi dalam diri manusia. Oleh karena itu jaga kesehatan jantung anda dengan mengonsumsi makanan yang sehat untuk jantung, berolahraga teratur, dan sering memeriksakan kondisi kesehatan anda ke dokter. Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati.

Untuk update info seputar tips tentang penyakit jantung, silakan isi form yang berada diatas artikel ya. Terima kasih

sumber artikel : Unair.ac.id

Blog Archive

viva log

Follow by Email

facebook pixel

Blogroll

Popular Posts