Dapatkan tips Menarik Seputar Penyakit Jantung dan Kesehatan Jantung Beserta Solusinya

Caranya cukup isi form di bawah ini :
Nama Depan :
Alamat Email :


Rabu, 07 Maret 2018

Makanan sehat untuk jantung. Jenis makanan yang bagus untuk menjaga kesehatan organ jantung.

Makanan adalah termasuk faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan organ – organnya termasuk jantung. Menjalani pola hidup sehat dapat membuat Anda terhindar dari risiko terkena penyakit jantung dan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung. Salah satunya adalah dengan cara memulai kebiasaan mengonsumsi makanan sehat untuk jantung.


Zat yang bagus untuk jantung

Berikut ini adalah zat-zat dari makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.
  • Pitosterol adalah salah satu jenis kolesterol baik yang bekerja untuk mengurangi kandungan kolesterol buruk dalam darah.
  • Polifenol adalah salah satu jenis antioksidan yang memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan terhadap pembuluh darah, mengurangi kadar LDL dalam darah, dan menurunkan tekanan darah.
  • Karotenoid adalah zat antioksidan yang paling banyak ditemukan dari sayuran dan buah-buahan. Jenis karotenoid yang baik untuk jantung adalah alpha-karoten, beta-karoten, lutein, dan lycopene.
  • Omega-3. Omega-3 adalah alam lemak yang banyak ditemukan pada berbagai jenis ikan seperti ikan salmon. Zat ini sangat dibutuhkan oleh jantung untuk membentuk sistem imunitas tubuh, melindungi sistem kerja jantung, dan mengurangi resiko pembekuan darah.
  • Vitamin C dan Vitamin E. Dua macam vitamin ini berfungsi untuk melindungi sel tubuh dari pengaruh radikal bebas yang masuk ke tubuh, membantu menormalkan tekanan darah, dan menurunkan kolesterol dalam darah.
  • Vitamin B komplek. Vitamin B 12 berfungsi untuk melindungi pembekuan darah, membantu mencegah pengerasan pada pembuluh darah dan meningkatkan kadar HDL dalam darah.
makanan sehat untuk jantung


JENIS MAKANAN SEHAT UNTUK JANTUNG

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat untuk jantung :

1. Susu Kedelai
Susu kedelai adalah jenis susu yang diolah dari bahan kedelai. Ini dikenal luas sebagai makanan sehat untuk jantung dan banyak dikonsumsi secara luas. Mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat menurunkan resiko serangan penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Kacang. Perbanyak makan kacang seperti kacang merah hingga tiga cangkir seminggu. Selain kaya akan fitonutrien yang baik untuk jantung, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan serat dan air yang membuat Anda cepat kenyang.

3. Apel
Menurut satu penelitian, mengonsumsi satu hingga dua apel per hari kemungkinan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Bawang
Bawang putih diketahui tidak memengaruhi tekanan darah, sehingga dapat sering dikonsumsi. Bawang putih juga dapat menggantikan garam untuk menambah rasa gurih pada makanan. Hal ini baik untuk kesehatan jantung karena makin banyak konsumsi garam, maka makin tinggi risiko terkena tekanan darah tinggi yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke. Itulah kenapa disebut sebagai makanan sehat untuk jantung.

5. Labu
Labu adalah makanan yang sangat berperan untuk menjaga kesehatan jantung. Dalam seperempat iris labu mengandung magnesium yang bisa berfungsi untuk menciptakan adenine trifosfat, mengolah sistem DNA dan RNA yang berperan untuk memompa jantung. Bahkan kandungan magnesium dalam labu juga berperan untuk mengatur sistem kerja pembuluh darah yang bisa mencegah serangan jantung dan stroke.

6. Biji-Bijian Utuh
Mengonsumsi biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya.

7. Anggur
Buah anggur diduga berpotensi mencegah penyakit jantung dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ini karena buah anggur mengandung serat dan senyawa quercetin. Quercetin tampak bisa melindungi pembuluh darah dari penyumbatan.

8. Buah Beri
Ragam buah beri seperti bluberi, stroberi, rasberi, dan blackberry dapat dijadikan camilan sehat. Buah beri yang kaya akan serat dan antioxidan mampu mengurangi peluang terjadinya serangan jantung.

9. Teh Hijau
Teh merupakan salah satu minuman favorit, terlebih karena manfaatnya. Ada sejumlah penelitian yang menemukan keterkaitan antara meminum teh hijau dengan penurunan risiko penyakit jantung.

10. Kubis
Selain kaya akan fitonutrien yang dapat menyehatkan jantung, kubis juga mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, potasium, dan zat besi. Oleh karenanya, Anda dapat menambahkan kubis ke dalam salad atau menu sayuran Anda.

11. Tahu
Tahu adalah makanan yang dibuat dari bahan kedelai. Kedelai memiliki kadar protein yang cukup tinggi. Konsumsi sebanyak 30 gram protein dari kedelai bisa mengurangi resiko serangan penyakit jantung. Selain itu protein yang berasal dari kedelai juga bisa berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol buruk atau LDL.

12. Asparagus
Asparagus banyak dijual di supermarket sebagai sayuran impor. Asparagus memiliki kandungan gizi yang sangat penting untuk jantung, antara lain serat, vitamin B, dan asam folat. Vitamin B dalam asparagus berfungsi untuk mengatur sistem homosistein yang dapat mencegah serangan jantung.

13. Paprika Merah
Paprika merah adalah salah satu jenis sumber makanan yang banyak mengandung nutrisi penting untuk kesehatan jantung.

14. Sayur Bayam
Bayam adalah sayuran yang sangat mudah ditemukan. Ini juga disebut sebagai makanan sehat untuk jantung. Bayam memiliki kandungan zat phytochemical dari zat warna hijau daun, vitamin, asam folat dan zat besi. Bayam akan melindungi fungsi jantung, mencegah gangguan pada detak jantung dan menjaga indra penglihatan.

15. Tomat
Tomat adalah buah yang mudah untuk ditemukan. Dalam satu buah tomat mengandung beberapa zat penting untuk memelihara kesehatan jantung.

16. Ubi Jalar
Ubi jalar adalah salah satu sumber makanan yang bisa berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan vitamin B6 dalam ubi jalar bisa berfungsi untuk mengatur sistem homosistein dalam tubuh sehingga bisa mengurangi resiko serangan jantung.

17. Jeruk
Jeruk adalah buah yang sangat umum dan mudah ditemukan dimana saja. Buah jeruk mengandung serat, vitamin C, kolin, dan kalium. Kandungan zat tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu kandungan kalium dalam jeruk banyak mengandung mineral elektrolit yang berfungsi untuk mengatur detak jantung.

18. Pepaya
Pepaya banyak mengandung zat anti oksidan, vitamin C dan vitamin A. tiga nutrisi ini berfungsi untuk mencegah proses oksidasi pada kolesterol tubuh. Proses ini sangat berhubungan dengan serangan jantung yang bisa terjadi dalam waktu sangat cepat. Anti oksidan yang terdapat dalam pepaya mampu mencegah timbunan plak dalam pembuluh darah yang biasanya menjadi penyebab serangan jantung. Buah ini tidak hanya segar, tapi juga merupakan makanan sehat untuk jantung.

Google analytics

My title page contents

Blog Archive

viva log

Follow by Email

facebook pixel

Blogroll

Popular Posts