Dapatkan tips Menarik Seputar Penyakit Jantung dan Kesehatan Jantung Beserta Solusinya

Caranya cukup isi form di bawah ini :
Nama Depan :
Alamat Email :


Senin, 18 Juni 2018

    Jika anda bertanya kepada orang-orang sekitar yang anda temui, apakah anda mau memiliki tubuh yang tetap sehat sekalipun usia anda akan bertambah tua ? Saya yakin semua orang akan menjawab iya.,Tetapi realitanya yang terlihat saat ini adalah banyak sekali orang yang sebelum pergi meninggalkan dunia ini mengalami yang namanya sakit sebelum meninggal. Mulai dari sakit yang sederhana hingga menjadi penyakit ganas, ataupun sudah divonis terkena penyakit parah dari awal.


         Penyakit parah ini biasanya tidak bersifat menular, tetapi pembentukan gen pembawa 
    penyakit turunan, lingkungan, serta pola hidup seseorang mempengaruhi peluang 
    seseorang terkena resiko penyakit parah yang tidak menular ini seperti strokediabetes,
    hipertensikolestrol dan penyakit jantung. Semua jenis penyakit ini tentu saja tidak asing 
    namanya kita dengar. Ditambah lagi strokediabeteshipertensikolestrol jika tidak diobati 
    dengan benar akan berujung pada penyakit jantung koroner bahkan gagal jantung. Lalu 
    bagaimana cara mencegahnya agar terhindar dari resiko terkena serangan jantung
    Berikut hal yang bisa anda lakukan dalam aktivitas keseharian anda.

1. Hentikan Kebiasaan Merokok 


     Jika anda seorang perokok, anda harus mulai menghentikan kebiasaan ini. Karena didalam 
     rokok terkandung 4000 zat yang berbahaya bagi tubuh, terutama zat nikotin dan karbon 
     monoksida yang dapat memicu penyakit jantung koroner. Cara kedua zat ini bekerja
     adalah menyumbat aliran pembuluh darah jantung ke seluruh tubuh begitu juga
     sebaliknya, mengeraskan dinding arteri jantung, dan mengurangi oksigen yang terkandung 
     dalam darah. Sehingga jantung tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Bagi 
     perokok pasif, atau yang hanya terkena asap rokok saja justru dampaknya bisa jauh 
     lebih berbahaya dibandingkan perokok aktif.


2. Hindari Minum Alkohol dan Soda 
    

    
        Alkohol merupakan musuh utama jantung, minuman beralkohol bisa merusak pembuluh 
    darah dalam tubuh termasuk pembuluh darah koroner. Selain itu minuman bersoda juga 
    harus dihindari karena selain memiliki kalori dan gula yang tinggi yang bisa berubah 
    menjadi lemak yang berbahaya bagi jantung. 

3. Menjaga Berat Badan Ideal dan Pola Makanan
    
    
        Hal ini sangat penting, karena seperti yang diketahui bahwa obesitas atau kelebihan berat 
    badan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius terutama pada jantung. Karena 
    lemak dapat menyumbat aliran pembuluh darah hingga menyebabkan 
    penyakit jantung koroner. Tentu saja cara menghindari obesitas adalah dengan 
    mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat yang dapat menurunkan kolestrol 
    serta tekanan darah. Makanan berserat juga membantu anda mengelola berat badan yang 
    sehat. Jenis makanan ini adalah sayuran, buah-buahan, gandum, dan kacang-kacangan.


        Selain itu, hindari konsumsi makanan yang mengandung garam berlebihan terutama 
    makanan kemasan karena bisa menyebabkan hipertensi yang memicu stroke dan 
    penyakit jantung. Batasi konsumsi gorengan dan daging merah yang bisa 
    meningkatkan penyakit kolestroldiabetespenyakit jantung, bahkan kanker usus. 
    Karena gorengan dan daging merah mengandung lemak yang tinggi.

4.  Rutin Berolahraga Kardio 
     

         
           Melakukan olahraga kardio setiap minggu bisa menjadi cara yang terbaik mencegah 
      resiko terkena penyakit jantung. Apapun jenis olahraganya bisa beragam seperti 
      berlari, bersepeda, dan berenang. Kamu bisa memilih jenis olahraga yang paling nyaman 
      dan memungkinkan untukmu. Lakukan sebelum pergi bekerja pada pagi hari akan 
      lebih baik, tetapi jika tidak memungkinkan anda bisa melakukannya setelah pulang kerja
      pada sore hari. Asalkan jangan berolahraga pada malam hari, karena bisa membuat
      tubuh anda menjadi bugar dan akibatnya anda tidak bisa tidur.


5. Belajar Mengelola Stres dan Tertawa Setiap Hari


         Di dunia yang serba modern, membuat seseorang memiliki banyak kesibukkan dan 
    lebih cenderung gampang mengalami stres. Stres adalah hal yang wajar terjadi. 
    Masalahnya bukanlah apa yang menyebabkan stres, tapi bagaimana anda meresponnya. 
    Saat seseorang berada dibawah tekanan, tubuh memproduksi adrenalin yang akan 
    membuat jantung bekerja lebih keras. Hal ini bisa mengakibatkan peningkatan tekanan 
    darah. Stres Kronis bisa mengakibatkan serangan jantung jika tidak di kelola dengan baik. 
    Stres juga membuat energi terkuras dan tubuh cepat lelah. Cara terbaik untuk mengelola 
    stres adalah curhat pada seseorang yang anda bisa percayai, melakukan meditasi 
    dan yoga, menonton film komedi yang membuat anda akan tertawa dan melupakan 
    masalah anda. Tertawa juga sehat bagi jantung anda. Jika memungkinkan, ambillah 
    waktu off menikmati liburan untuk melepas penat anda.

     
6. Tidur yang cukup  


        Ketika anda tidak mendapat jam tidur yang cukup, anda akan mengalami kondisi 
    yang namanya sleep deprivation. Kondisi ini akan membuat sistem hormon dalam 
    tubuh tidak seimbang. Saat hormon tidak seimbang, level hormon stres dalam 
    tubuh bisa meningkat dan kesehatan  jantung pun akan terganggu. Orang dewasa 
    memiliki jam tidur malam ideal 6-8 jam sehari. Jangan tidur terlalu kurang ataupun 
    berlebihan jika ingin menjaga kesehatan jantung. Jadwal tidur 6-8 jam sehari tidak boleh 
    dipecah-pecah waktunya, harus 1 jadwal tidur panjang dan dilakukan pada malam hari. 
    Selain itu manfaat tidur malam yang cukup akan memberikan tubuh 
    kesempatan untuk meregenerasi sel-sel tubuh.

    Baca juga : tidur terlalu lama, sehatkah?

7. Konsumsi obat secara teratur


         Terkadang, perubahan gaya hidup saja tidak cukup mencegah penyakit jantung
    Anda mungkin harus minum obat penurun tekanan darah atau kolestrol untuk mengurangi 
    resiko serangan jantung. Jika dokter anda sudah memberikan obat-obatan yang harus anda 
    konsumsi, anda harus patuh dengan meminumnya secara teratur sesuai dengan petunjuk 
    dokter anda.

Penutup
    Jaga kesehatan anda sedini mungkin, memang penyakit tidak menular tidak ada yang tahu kapan bisa datang, tetapi 90% orang meninggal karena sakit tidak menular yang mereka alami seperti strokediabeteshipertensikolestrol dan penyakit jantung. Sudahkah anda mempersiapkan biayanya, ketika sakit-sakit diatas menyerang anda atau orang yang anda kasihi? 


Biaya kesehatan adalah biaya yang paling mahal selain biaya sekolah. Persiapkan juga dana darurat anda jika terjadi sesuatu terutama pada hal-hal seperti ini.

Jika anda menginginkan update seputar tentang jantung silakan mendaftarkan email anda diatas artikel ini dan like page penyakitjantungtips di facebook.


0 komentar:

Posting Komentar

Google analytics

My title page contents

viva log

Follow by Email

facebook pixel

Blogroll

Popular Posts