Dapatkan tips Menarik Seputar Penyakit Jantung dan Kesehatan Jantung Beserta Solusinya

Caranya cukup isi form di bawah ini :
Nama Depan :
Alamat Email :


Jumat, 31 Agustus 2018


Pada umumnya aktivitas diet dilakukan oleh seseorang yang ingin menjaga berat badannya tetap ideal ataupun bahkan menurunkannya. Begitu banyak metode diet yang diajarkan mulai mengonsumsi obat pelangsing, diet golongan darah, diet dengan melakukan banyak olahraga, dan diet yang paling umum adalah mengonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan gizi.

Selain alasan diet untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, seringkali seseorang melakukan diet pun demi alasan kesehatan. Hal ini dilakukan baik berasal dari motivasi diri sendiri ataupun karena saran dokter. Tetapi untuk penderita penyakit jantung, sang dokter biasanya akan menyarankan melakukan diet demi proses penyembuhan yang lebih cepat dan secara alami.

Tentu saja diet yang dianjurkan adalah diet makanan. Diet makanan untuk penderita penyakit jantung harus rendah kolestrol, dan makanan yang bisa mengendalikan tekanan gula darah. Kandungan dari makanan tersebut harus mengandung kaya omega-3, kaya serat pangan, serat beta glucan. Karena serat beta glucan dapat menurunkan resiko penyakit jantung karena membantu menurunkan kadar kolestrol dan kadar gula dalam darah.


Serat ini biasanya ditemukan pada oat, kacang-kacangan, kacang polong kering, psyllium, apel, jeruk, pir, stroberi, bluberi, bijirami, mentimun, seledri, dan wortel. Tujuan dari dokter menyarankan diet bagi penderita penyakit jantung adalah

1. Memberikan makanan yang cukup dan sesuai kebutuhan tanpa memperberat kerja jantung
2. Menurunkan berat badan bila pasien memiliki berat badan berlebih
3. Mencegah serta menghilangkan edema atau bengkak yang disebabkan oleh penimbunan 
    garam atau air didalam tubuh.
4. Menurunkan kadar kolestrol dibawah 130 mg/dl dan kadar kolestrol total sebesar 
    200 mg/dl.

Dalam keadaan menderita, penyakit jantung adalah kondisi dimana jantung kehilangan kemampuan melakukan fungsinya, mungkin pada tahap awal penderita penyakit jantung masih mampu bertahan karena ketidakefisienan jantung dalam melaksanakan fungsinya, tapi jika tidak diobati dengan benar  maka fungsi jantung akan semakin melemah hingga mengakibatkan penyakit lain berdatangan 
seperti gagal jantungstrokediabeteshipertensi, dan kolestrol. Oleh karena itu mengubah pola makan dengan melakukan diet alami untuk penderita penyakit jantung sangat dianjurkan.



Berikut adalah anjuran diet dari Choose My Plate yang dimiliki oleh U.S Department of AgriCulture (USDA), serta National Heart,Lung, and Blood Institute Heart Healthy, serta Therapeutic Lifestyle Changes (TLC). 

1. Menjaga keseimbangan kalori jangka panjang untuk mencapai dan menjaga 
    berat badan yang sehat

2. Mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi tinggi serta makanan buah, sayuran, 
    dan serealia utuh kaya serat

3. Membatasi lemak total sebanyak 20-35% dari kalori harian, dengan kurang dari 
    7% - 10% dari lemak jenuh dan kurang dari 1% dari lemak tak jenuh

4. Membatasi kolestrol diet hingga kurang dari 200-300 mg per hari

5. Menjaga LDL dan kolestrol total pada tingkat sehat dengan mengurangi konsumsi 
    makanan tinggi kolestrol, lemak, dan natrium, serta dengan meningkatkan 
    HDL kolestrol (baik) melalui diet dan olahraga

6. Mengonsumsi tidak lebih dari 2300 mg garam per hari (sekitar 1 sendok teh) 

7. Mengkonsumsi makanan tinggi kalium seperti pisang, kurma, aprikot kering, prun, 
    kismis, dan alpukat untuk mengatasi beberapa efek tekanan darah dari natrium. 

8. Berolahraga ringan minimal 30 menit setiap hari.

9. Hindari makanan yang memicu gas dalam lambung seperti kol, lobak, durian, dan lain-lain.

10. Hindari bumbu yang merangsang  terutama pedas dan asam seperti lombok dan merica

11. Hindari kafein seperti teh dan kopi, minuman bersoda, dan alkohol.

Diet jantung yang sehat mencerminkan bukti ilmiah pada peran diet dan olahraga dalam mencegah penyakit jantung. Prinsip dasar dari pola makan sehat dan telah disahkan oleh komunitas kesehatan dan organisasi kesehatan masyarakat. Sejak tahun 1970-an penelitian selalu menunjukkan kaitan antara penyakit jantung dan hidangan tinggi lemak, lemak jenuh, kolestrol, dan natrium.

Jaga kesehatan anda sedini mungkin dengan mengonsumsi makanan yang berasal dari bahan alami dan jangan lupa untuk berolahraga, memang penyakit tidak menular tidak ada yang mengetahui kapan bisa datang, tetapi 90% orang meninggal karena sakit tidak menular yang mereka alami seperti penyakit jantunggagal jantungstrokediabeteshipertensi, dan kolestrol. Sudahkah anda mempersiapkan biayanya, ketika sakit-sakit diatas menyerang anda atau orang yang anda kasihi ?

Biaya kesehatan adalah biaya yang paling mahal selain biaya pendidikan sekolah. Persiapkan dana darurat anda jika terjadi sesuatu terutama pada hal-hal seperti ini. Karena 85% penderita sakit tidak menular dinyatakan bangkrut karena harus menanggung biaya berobat yang sangat mahal dan terpaksa asetpun dijual bahkan mencari pinjaman demi melanjutkan pengobatan.

Update seputar tentang jantung silakan mendaftarkan email anda diatas artikel blog ini dan like page facebook penyakitjantungtips . 

0 komentar:

Posting Komentar

Google analytics

My title page contents

viva log

Follow by Email

facebook pixel

Blogroll

Popular Posts