Dapatkan tips Menarik Seputar Penyakit Jantung dan Kesehatan Jantung Beserta Solusinya

Caranya cukup isi form di bawah ini :
Nama Depan :
Alamat Email :


Rabu, 11 April 2018

       Gagal jantung ( heart failure) adalah kondisi dimana saat otot jantung menjadi sangat lemah sehingga tidak mampu memompa cukup darah ke seluruh tubuh. Sebagai akibatnya, organ utama tubuh dan jaringan lainnya tidak cukup menerima oksigen dan nutrisi untuk berfungsi dengan baik.Seseorang dengan serangan jantung menderita kumpulam cairan dalam jaringan yang biasanya disebut dengan edema. Gagal jantung ini diakibatkan kumpulan cairan ini disebut gagal jantung kongestif.

       Penyakit gagal jantung ini dapat terjadi dikarenakan masalah kesehatan jantung lainnya sudah menyerang terlebih dahulu seperti penyakit jantung koroner, hipertensi (darah tinggi), miokarditis (radang otot jantung), diabetes, anemia (kekurangan darah). Sehingga gagal jantung dapat disimpulkan bahwa penyakit jantung awal yang tidak diobati dengan baik akan mengakibatkan kefatalan.



Ada 4 jenis penyakit gagal jantung yang dikenal dalam dunia kedokteran diantaranya :
Gagal Jantung sebelah kiri - area jantung sebelah kiri terdapat bilik jantung kiri yang bertugas untuk menerima darah dari paru-paru dan memompa kembali dari jantung ke paru-paru. Tetapi permasalahannya jika terjadi gagal jantung , bilik jantung sebelah kiri tidak mempunyai tenaga yang cukup untuk memompa darah, mengakibatkan beberapa kembali lagi ke paru-paru dan jumlah yang masuk menjadi sedikit. Akibatnya jumlah darah yang dipompa keluar dan diedarkan seluruh tubuh menjadi berkurang.
Gagal jantung sebelah kanan - gagal jantung sebelah kanan biasanya terjadi karena gagal jantung sebelah kiri terlebih dahulu. Akibat jumlah pasokan darah yang keluar jantung menjadi lebih sedikit dari bilik kiri jantung. Sehingga bilik kanan jantung yang bertugas menerima darah menjadi miskin oksigen menjadi berkurang.
Gagal Jantung Sistolik - keadaan dimana otot jantung tidak dapat berkontraksi dengan baik sehingga proses penyaluran darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu.
Gagal Jantung Diastolik - keadaan jantung terlihat normal tetapi sebenarnya posisi bilik tidak dalam posisi relaksasi yang benar menyebabkan turunnya kapasitas darah yang dapat ditampung dari paru-paru yang mengakibatkan terjadinya penimbunan cairan pada paru-paru, kaki, dan perut.

      Pada umumnya gejala gagal jantung ditahap awal mulai dari pembengkakan kaki dan pergelangan kaki, mudah lelah, kenaikan berat badan yang signifikan, makin sering ingin buang air kecil terutama pada malam hari. Jika ditahap awal tidak disadari gejala ini, maka akan naik ke tahap semakin parah seperti paru-paru sesak hingga menyebabkan batuk, denyut jantung tidak teratur,dan nafas berbunyi. Ditahap yang paling parah, kulit bisa menjadi kebiru-biruan karena tubuh kekurangan oksigen dari darah, tarikan nafas yang pendek, dan bisa mengalami pingsan.



       Jika penderita gagal jantung tidak diobati segera, bisa mengalami kegagalan tubuh pada organ lain juga bahkan kematian. Bahkan menurut survei yang dilakukan, 3 dari 10 orang di Indonesia meninggalkan dunia ini dikarenakan gagal jantung setiap tahunnya. Biaya yang dibutuhkan untuk mengobati gagal jantung juga tidak murah, ditambah lagi belum ada jaminan pasti sembuh. Hal ini dikarenakan gagal jantung merupakan tahap akhir dari penyakit jantung di tahap awal.

Untuk biaya pengobatan sakit jantung, hal ini mungkin bisa membantu anda klik disini

Google analytics

My title page contents

Blog Archive

viva log

Follow by Email

facebook pixel

Blogroll

Popular Posts